Friday, May 25, 2018

Cara Membuat Push Notifications GRATIS di Blogger

Loading...
Ketika mengunjungi sebuah situs atau Blog memakai Web Browser Chrome atau di komputer, sering kali kita melihat ada pemberitahuan untuk menyalakan notifikasi, itu biasa disebut dengan Push Notifications.
Sebagai contohnya di Blog Klik Info ini, saat pertama kali membuka dengan browser Chrome atau FireFox, kita akan melihat ada pop-up kecil yg muncul untuk meminta kita menyalakan notifikasi atau tidak.
Trik Push Notifikasi ini banyak digunakan para bloggers untuk dijadikan strategi agar bisa menaikan angka pengunjung di Blog mereka dengan mengajak pengunjung untuk menerima notifikasi saat ada postingan baru, dan bisa menerima pesan atau pemberitahuan singkat kepada para pengunjung yang telah menyalakan notifikasi.

Karena itu, Push Notifikasi ini sangat penting sekali untuk kita, dan juga bisa memberikan keuntungan bagi para penulis / pembuat blog dan juga bagi pengunjung yang ingin berlangganan berita atau artikel terbaru dari Blog.

Jika kamu berniat memasangnya diblog kamu, caranya cukup mudah saja, kali ini saya akan memberikan beberapa tutorial cara membuat atau menginstal Push Notifications di Blog secara Gratis / Free. langsung saja simak langkah - langkahnya dibawah ini.


Langkah - langkah cara membuat Push Notifikasi di Blog Terbaru dan Gratis

Langkah Pertama:
Untuk langkah pertama ini langsung saja kita menuju ke OneSignal.com
Klik disudut kiri paling bawah untuk membuat akun / sign up. kamu bisa memilih membuat akun memakai Google atau Facebook dan juga Github atau dengan mengisi form yang ada dibawahnya.
pilih google atau Facebook agar lebih cepat membuat akun dan tanpa konfirmasi email.

Langkah Kedua
Setelah membuat akun, kamu akan langsung berada dihalaman untuk membuat aplikasi, klik kotak yang ada tanda + yang bertuliskan Add a New App untuk membuat aplikasi.
Selanjutnya, tuliskan Nama dan klik Create.
Langkah Ketiga:
Setelah itu akan muncul Popup untuk memilih App, Scroll kebawah dan pilih Web Push dan klik Next.
Kamu akan masuk ke halaman Konfigurasi untuk Web Push Notifications, di bagian Choose Integrationpilih Website Builder agar lebih mudah menginstal untuk Blogger dan Wordpress. Selanjutnya pilih yang di inginkan Blogger atau Wordpress, dan di tutorial ini saya memilih Blogger.




Langkah Keempat:
Bagian Blogger Site Setup isikan Nama Blog dan URL Blog dan juga Logo dari Blog kamu.
Selanjutnya dibagian Permission Prompt Setup klik Add a Prompt dibagian ini adalah untuk memilih warna dan ukuran dari Icon yang akan muncul nanti di blog kamu. 
Sesuaikan saja dengan selera kamu, untuk perview nya ada di paling bawah. Setelah selesai klik Save.

Langkah Kelima:
Jika kamu ingin menerjemahkan bahasa yg nanti akan muncul, pilih Add a Prompt sekali lagi, pilih Customize slide prompt text untuk menerjemahkan atau memasukan Text kamu sendiri dan setelah itu klik Save.

Selanjutnya dibagian Welcome Notification, isikan Title dan Massage atau bisa dibiarkan default, lihat tampilan atau perview dikotak bawah.
Untuk bagian Advanced dibiarkan saja default. Selanjutnya Klik Save di paling bawah.

Langkah Keenam:
Di halaman ini kamu akan mendapatkan Kode Script. Copy Code scriptnya, dan setelah itu buka Blogger kamu dan pilih Tema setelah itu klik Edit HTML selanjutnya cari Kode <head> yang berada dipaling atas lalu tempelkan Kode Script yang kamu Copy tadi dibawah Kode <head> dan setelah itu klik Simpan / Save



Selanjutnya Coba lihat Blog kamu untuk di test apakah sudah berhasil atau belum.
Jika belum berhasil, coba dibaca lagi apa ada yang terlewat, jika sudah yakin settingnya benar dan belum juga ada Notifikasi yang muncul, coba dilihat URL yang kita masukan di Seting tadi apakah sama dengan URL di Blog kamu atau tidak.karena di langkah terakhir nanti ada tulisan Go To Website yg sobat masukan tadi dan finish.

Semoga artikel tentang cara membuat push Notification di blog ini bermanfaat buat sobat semua.

Artikel Terkait

Cara Membuat Push Notifications GRATIS di Blogger
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Subscribe to Sangads by Email

Loading...